Jumat, 31 Desember 2010

Apa itu VOC ( Volatile Organic Compound )

VOC ( Volatile Organic Compound )

VOC ( Volatile Organic Compound ) adalah bahan/ senyawa organic yang mudah menguap yang dihasilkan berupa gas dari beberapa bahan padat atau cair. Bahan organic ini meliputi bermacam – macam bahan kimia yang mana dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka waktu panjang maupun pendek.

Karena sifat VOC ini mudah menguap diudara, maka bagi anda yang dalam aktivitas kesehariannya berhubungan dengan zat – zat kimia yang mengandung VOC harus extra berhati –hati. Misal anda bekerja di Industri Manufacture/ industry cat maka alat pelindung diri (APD) harus selalu dikenakan dengan baik.

Kadar jumlah VOC lebih banyak didalam ruangan daripada diluar ruangan. VOC ini menyebar melalui banyak produk – produk seperti cat, varnish, bahan – bahan pembersih, pestisida, material bahan bangunan dan perabotan, dan lain – lain.
Beberapa jenis zat pelarut atau VOC sangat banyak digunakan untuk memampatkan gas dalam aerosol pengharum ruangan yang biasa dipakai oleh manusia. Selain daripada itu didalam rumah masih banyak lagi benda yang didalamnya menggunakan VOC sebagai pelarut, perlu diketahui juga bahwa zat pelarut ini juga dipakai dalam industri cat / painting manufacture.

Oleh karena itu agar lingkungan rumah anda sehat dan bebas dari VOC, alangkah baiknya apabila cat rumah kita juga menggunakan cat yang rendah VOC. Dipasaran sudah tersedia beberapa cat yang sudah rendah VOC. Untuk mengetahuinya dapat meminta informasi kepada produsen cat yang akan kita gunakan apakah produknya memiliki Sertifikat Pengujian VOC atau tidak.


-Dari berbagai sumber-

0 komentar:

Posting Komentar